Informasi dan Manfaat Buah Kurma

Kurma (Phoenix dactylifera) merupakan tanaman palma dalam genus
Phoenix dan pohonnya termasuk jenis Dioecious, yaitu memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Jadi harus melakukan penyerbukan agar pohon kurma bisa berbuah. Buah ini bentuknya lonjong silinder. Sebagian besar dari perkebunan mengembang biakkan secara stek, karena dengan melakukan stek akan berbuah 2-3 tahun lebih cepat dibanding dengan bibit yang berbuah setalah ditanam selama 4 - 7 tahun. Tetapi pembuahan dengan serbuk sari dilakukan secara alamiah untuk perkebunan secara tradisional, dan untuk penyerbukan secara modern dilakukan secara manual


Kandungan lengkap dalam buah kuma antara lain:
  1. Air
  2. Energi
  3. Protein
  4. Karbohidrat
  5. Serat
  6. Gula
  7. Lemak (Total lemak dan lemak jenuh)
  8. MUFA
  9. PUFA
  10. Kolesterol
  11. Mineral
  12. Kalsiun
  13. Zat Besi
  14. Magnesium
  15. Fosfor
  16. Kalium
  17. Sodium
  18. Seng
  19. Vitamin (Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C, E, K)
  20. Fitonutrrisi
  21. Beta Karoten
  22. Beta kriptoxatin
  23. Likopen
  24. Lutein dan Zeaxantin
Buah kurma memang mengandung banyak gizi sehingga bagus untuk kesehatan. Buah kurma ini sebenarnya mempunyai banyak sekali jenisnya dan tenyata saat saya memcari di google ada puluhan jenis dari buah kurma tapi semua orang cuma mengetahui sebagian keci. Kurma yang berada di Indonesia sudah dikeringkan dulu sebelum masuk ke indonesia. kurma yang populer di indonesia yaitu Kurma ajwa merupakan salah satu jenisa kurma yang banyak diminati oleh kebanyakan orang, sehingga kurma ini sering dicari oleh sebagian besar konsumen.Jenis kurma ini kebanyakan tumbuh di madinah. kurma ajwa memiliki bentuk yang lebih kecil dan telihat lebih kehitam hitaman dari jenis  kurma pada umumnya yang berada di pasaran. Dibawah ini adalah manfaat yang terdapat pada buah kurma.

Manfaat dari buah kurma sebagai berikut:
  1. Mencegah anemia yang sangat cocok untuk ibu yang sedang mengandung (sedang hamil).
  2. Memperlancar proses persalinan karena mengandung hormon oksitosin, hormon ini juga berguna untuk memperlancar ASI, sehingga cocok untuk ibu yang mau melahirkan dan menyusui sang buah hati.
  3. Menjaga kesehatan pada jantung dengan cara mempertahankan kontraksi otot jantung, karena memiliki kandungan kalium yang bagus bagi jantung kita.
  4. Memiliki serat fiber (potassium) yang ampuh untuk mengatsi penyakit diare dan memperlancar proses pembuangan.
  5. Mengandung mineral kalium yang bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang.
  6. Memakan 6 - 8 butir buah kurma dapat Meenetralkan racun pada tubuh manusia karena kurma memiliki kandungan Vitokimia dan zat antioksidan.
  7. Memiliki sumber energi yang cocok untuk berbuka puasa, karena kandungan gula dalam kurma mudah di cerna oleh sistem pencernaan dan dapat menunda lapar, dan agar tidak menimbulkan makan berlebih saat berbuka puasa.
  8. Dapat memperlancar buang air besar.
  9. Mencegah kangker mulut, kangker paru paru, dan kanker abdomen.
  10. Efektif mlindungi dan menjaga kesehatan mata, karena buah kurma juga memiliki kandungan Vitamin A.
  11. Menjaga kesehatan kulit
  12. Membantu menentukan daya oksigen dalam darah, karena mengandung komponen hemoglobin (zat besi).
  13. Meningkatkan hormon testosteron pada laki laki.
  14. Mengandung Zat Besi dan B komplek untuk smencegah penyakit anemia.
  15. Memiliki kandungan kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung sehingga mencegah penyakit jantung koroner dan stroke.
  16. Memiliki zat tanin yang bergna untuk anti infksi, anti inflamasi, dan anti hermaracik.
  17. Mencegah kangker usus besar, dikarenakan memiliki serat yang mampu untuk membantu selaput lendir dalam usus dan mengikat bahan kimia.
Sekarang buah kurma ini sudah ada berbagai macam olahan, diantaranya seperti kue, permen, minuman (sirup), dan lain lain. Jadi dapat menikmatinya dengan sensasi yang berbeda. Apalagi di hari spesial seperti bulan ramadan, yang terutama buat buka puasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Khasiat Buah Murbei Yang Perlu Kamu Ketahui

Tips Menyimpan Buah-buahan Agar Tetap Segar Dan Awet

Cara mengganti website (situs web) saat daftar adsense